Tugas minggu 2
- Dwi Lillah (22212290)
- Fifi Latifah (22212931)
- Regita Shandra Nirwana (26212088)
- Risma Ferda Fathir (26212471)
- Sherli Diah Ayu Lana (26212979)
1)
Buatlah dengan 1 contoh
usaha atau perusahaan nyata universal tentang tujuan dari perusahaan!
Tujuan
PT. ASKES (Persero)
Turut
melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program Pemerintah di bidang ekonomi
dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya di bidang asuransi sosial
melalui penyelenggaraan asuransi/jaminan kesehatan bagi pegawai negeri sipil,
penerima pensiun, veteran, perintis kemerdekaan beserta keluarganya, dan
masyarakat lainnya, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya Perseroan untuk
menghasilkan jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat, guna meningkatkan
nilai manfaat bagi peserta dan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip
Perseroan Terbatas.
2)
Jelaskan tentang
pendekatan bisnis dengan menggunakan contoh perusahaan yang nyata!
Pendekatan
bisnis PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR, Tbk
STRATEGI MANAJEMEN PADA ELEMEN MARKETING MIX (4P)
1. PRODUCT
Brand name yang digunakan adalah Indomie. Satu bungkus
Indomie standard memiliki massa 85 gram, dan terdapat 2 sachet berisi 5 bumbu-bumbuan yang disertakan, yaitu kecap manis, saus sambal, minyak palm, bubuk perasa dan bawang goreng. Indomie jug tersedia dalam versi jumbo dengan massa 120 gram (Anonim,2008).
Indomie memiliki rasa yang sesuai dengan selera orang Indonesia.
Indomie pun selalu berusaha memenuhi keinginan konsumen yang semakin
banyak, terbukti dengan semakin bertambahnya variasi produk Indomie, mulai dari mie
goreng, mie soup, mie regional (mie dengan variasi rasa sesuai dengan masakan
tradisional daerah-daerah Indonesia), mie premium, serta mie jumbo.
tradisional daerah-daerah Indonesia), mie premium, serta mie jumbo.
2. PRICE
Indomie selain dapat dibeli perbungkus, dapat juga
dibeli dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40 indomie. Harga Indomie juga sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat, di Indonesia, perbungkus indomie dihargai hanya sekitar Rp. 900,- ( Anonim, 2008).
3. PLACES
Group Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi
terluas di Indonesia, menembus sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area
geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin (www.indofood.com).
Di Yogyakarta agen-agen Indofood juga bekerjasama
dalam menyediakan Indomie dengan warung-warung seperti Burjo
(warung yang menyediakan bubur kacang hijau dan mie instan/mie
goreng sebagai menu utama)
4. PROMOTION
·
Tagline :
Indomie Seleraku
·
Iklan :
billboard, iklan TV, sponsor acara
·
Event : Indomie
menggelar ajang membuat lagu ”jingle” untuk pelajar SMA, acara tersebut
berjudul Jingle Dare, yang berlangsung pada 24 April 2008.
·
Pembuatan Shop
Sign (Spanduk Nama Burjo dengan tema
Indomie untuk setiap Burjo di Yogyakarta)
Indomie untuk setiap Burjo di Yogyakarta)
Ditinjau dari aspek product life-cycle, Indomie saat
ini berada pada posisi mature,
sudah stabil, memiliki brand equity yang sangat kuat sehingga dapat bertahan sebagai Top of Mind merek mie instan. Pada tahap ini Indomie tidak boleh lengah, dalam artian Indomie masih tetap harus mengadakan promosi untuk me-remind customer bahwa Indomie masih exsist, dan selalu berinovasi untuk merejuvenasi produk maupun strategi promosinya. Indomie sempat direbut pasarnya oleh Mie Sedaap (muncul tahun 2003) sehingga pangsa pasar Indomie menurun, meskipun masih tetap menguasai sebagian besar pasar. Sejak saat itu, menyadari bahwa Mie Sedaap merupakan pesaing yang cukup kuat, Indomie mulai “bangkit dari tidur panjangnya”, Indomie mulai gencar beriklan lagi. Indomie menggunakan endorser artis terkenal seperti 3 Diva, Gita Gutawa, maupun non artis seperti remaja/pelajar. Indomie semakin mengukuhkan bahwa dia masih menjadi mie instan nomor satu di Indonesia. Indomie juga mengadakan acara ”Indomie Jingle Dare” untuk para pelajar SMA
yang bertujuan untuk lebih memodernisasi Jingle-nya. Hal ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan brand awareness remaja/pelajar mengenai produk Indomie. Indomie melihat
remaja/pelajar sebagai customer masa depan, jadi sejak sekarang Indomie mulai memberikan semacam ”edukasi” mengenai Indomie. Tentang strategi menghadapi persaingan, Indofood akan menerapkan strategi Mastering The Present, Pre-empting the Future. Strategi ini antara lain fokus kepada organic growth, memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span, dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost cutting. Di samping itu tetap melanjutkan segmentasi para konsumennya dengan memperkenalkan produk-produk dengan higher price and higher margin.
sudah stabil, memiliki brand equity yang sangat kuat sehingga dapat bertahan sebagai Top of Mind merek mie instan. Pada tahap ini Indomie tidak boleh lengah, dalam artian Indomie masih tetap harus mengadakan promosi untuk me-remind customer bahwa Indomie masih exsist, dan selalu berinovasi untuk merejuvenasi produk maupun strategi promosinya. Indomie sempat direbut pasarnya oleh Mie Sedaap (muncul tahun 2003) sehingga pangsa pasar Indomie menurun, meskipun masih tetap menguasai sebagian besar pasar. Sejak saat itu, menyadari bahwa Mie Sedaap merupakan pesaing yang cukup kuat, Indomie mulai “bangkit dari tidur panjangnya”, Indomie mulai gencar beriklan lagi. Indomie menggunakan endorser artis terkenal seperti 3 Diva, Gita Gutawa, maupun non artis seperti remaja/pelajar. Indomie semakin mengukuhkan bahwa dia masih menjadi mie instan nomor satu di Indonesia. Indomie juga mengadakan acara ”Indomie Jingle Dare” untuk para pelajar SMA
yang bertujuan untuk lebih memodernisasi Jingle-nya. Hal ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan brand awareness remaja/pelajar mengenai produk Indomie. Indomie melihat
remaja/pelajar sebagai customer masa depan, jadi sejak sekarang Indomie mulai memberikan semacam ”edukasi” mengenai Indomie. Tentang strategi menghadapi persaingan, Indofood akan menerapkan strategi Mastering The Present, Pre-empting the Future. Strategi ini antara lain fokus kepada organic growth, memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span, dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost cutting. Di samping itu tetap melanjutkan segmentasi para konsumennya dengan memperkenalkan produk-produk dengan higher price and higher margin.
3) Jelaskan
dengan menggunakan 1 perusahaan nyata dan universal tentang pengaruh lingkungan
intern dan ekstern!
A. Faktor
Eksternal
1. Dampak
Krisis Moneter yang Lalu
Yamaha
Indonesia sempat berada pada titik kritis pada masa krisis. Bahkan pada yahun
1999 keputusan untuk tutup nyaris dilakukan, karena saat itu Yamaha hanya
sanggup menjual tidak lebih dari 74.000 unit motor. Jika diibaratkan, kondisi
Yamaha Indonesia saat itu berada pada kondisi hidup dan mati.Ada beberapa
strategi yang diterapkan oleh Yamaha untuk menghadapi krisis moneter pada tahun
1997-1998 yang lalu agar tetap dapat eksis dalam persaingan industri kendaraan
motor beroda dua di Indonesia, antara lain:
1)
Menerapkan strategi cash flow management, yaitu dengan cara menggenjot
ekspor Yamaha ke luar negeri untuk mengimbangi program efisiensi di internal.
2)
Tetap menjaga eksistensi Yamaha melalui cara selective strategy dalam
marketing campaign yang dilakukannya dan menjaga kehidupan para dealer Yamaha
dengan cara menaikkan keuntungan dua kali lipat untuk tiap unit produk Yamaha
yang terjual oleh dealer.
2. Masa Pasca Krisis Moneter
Untuk menghadapi
krisis, Yamaha meluncurkan strategi dengan cara melakukan konsolidasi internal
dan secara perlahan membangun pasar. Ketika krisis sudah bisa dilewati oleh
Yamaha, maka pada tahun 2002, Yamaha melakukan reformasi. Mulai dari posisi no
action menjadi action kembali. Hal tersebut didukung oleh Yamaha Jepang yang
siap memberikan komitmennya kembali. Ada empat strategi yang diterapkan oleh
Yamaha Indonesia ketika itu, antara lain:
1) Pengembangan Produk
2) Komunikasi
3) Customer Management
4) Brand Management
1) Pengembangan Produk
2) Komunikasi
3) Customer Management
4) Brand Management
3. Pengaruh Krisis Global
Krisis
ekonomi global menjadi faktor yang melemahkan penjualan sepeda motor di
Indonesia. Hal ini diakibatkan oleh komponen sepeda motor yang masih diimpor
telah membuat harga motor terdongkrak 5%-10%. Pada saat yang sama, lembaga
kredit tidak lagi mengucurkan pinjaman bagi konsumen, padahal daya beli
konsumen juga turut menurun. Pada kondisi ini, salah satu strategi yang
dilakukan oleh Yamaha adalah dengan melakukan pendekatan kepada pihak leasing
untuk tetap mengucurkan kredit dengan alasan bahwa kredit yang dilakukan oleh
konsumen dalam melakukan transaksi adalah kredit riil, bukan kredit semu
seperti sub-prime mortgage yang bermasalah di Amerika Serikat.
4.
Pasar Bebas ASEAN dan
Globalisasi
Gempuran
produk-produk dalam dan luar negeri di masa mendatang tentunya akan semakin
banyak, mempertimbangkan bahwa pasar kendaraan motor beroda dua di Indonesia
sangat potensial karena Indonesia merupakan salah satu negera dengan jumlah
populasi penduduk terbanyak di dunia. Hal ini sudah terbukti dari banyaknya
produk motor beroda dua buatan Cina yang masuk ke dalam pasar Indonesia. Belum
lama ini, produk motor beroda dua asal Jerman juka ikut ambil bagian dalam
industri ini. Tidak mau ketinggalan, produk dalam negeri mulai mengincar pasar ini
dengan target segmen konsumen yang berbeda, yaitu motor listrik yang tidak
memerlukan bahan bakar minyak. Tentunya semakin ramai suatu industri akan
membuat gairah industri tersebut semakin menggeliat.
5.
Keterbatasan Bahan Bakar
Minyak Dunia dan Indonesia
Adanya
ancaman yang akan timbul karena keterbatasan bahan bakar minyak bersamaan
dengan ditetapkannya kebijakan pemerintah pada tahun 2004 yang lalu, tentang
pelarangan penggunaan mesin 2-tak, maka Yamaha mulai beralih dan berfokus pada
mesin 4-tak dan mesin matik. Strategi ini didukung dengan strategi komunikasi
pada berbagai media pemasaran dengan tujuan menyadarkan masyarakat bahwa
konsumsi bahan bakar minyak pada produk Yamaha hanya satu sendok lebih banyak
dari sepeda motor kompetitor. Takaran yang hanya “satu sendok lebih banyak”
tersebut dibayarkan dengan tingkat teknologi yang menyebabkan sepeda motor
Yamaha memiliki kecepatan yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan pada
pesaingnya.
6. Keadaan dan Perubahan Teknologi
Tuntutan
persaingan menyebabkan setiap pemain dalam industri kendaraan motor beroda dua
untuk mengembangkan teknologi baru untuk memberikan suatu keunggulan kompetitif
bagi perusahaan. Teknologi yang berubah menjadi sebuah kunci bagi perusahaan
untuk mendeferensiasikan produknya dibandingkan dengan para pesaing lainnya
bagi konsumen.
7.
Pertumbuhan Ekonomi
yang Akan Datang
Ancaman krisis
global yang melanda dunia dan bangsa Indonesia saat ini tentunya akan
mempengaruhi harga barang, tingkat pendapatan, serta kondisi perekonomian
mendatang. Hal tersebut memaksa Yamaha untuk mampu melakukan perencanaan
strategis, mencari terobosan dan melakukan inovasi secara terus menerus dalam
merumuskan berbagai usaha dan strategi untuk menciptakan ketertarikan konsumen
terhadap produk yang ditawarkan dalam pasar. Pada kondisi seperti ini,
Yamaha melakukan perluasan pabrik di Karawang, Jawa Barat. Hal ini dilakukan
karena adanya optimisme Yamaha bahwa selalu ada peluang dibalik terjadinya
krisis. Hal tersebut mengacu pada analisa bahwa pemakai kendaraan roda dua akan
terus meningkat karena semakin macetnya jalanan di kota-kota besar, semakin
maraknya isu global warming, serta terus meningkatnya populasi penduduk di
Indonesia yang berarti bahwa jumlah konsumen potensial semakin bertambah.
Yamaha ingin melakukan maintenance kuantitas yang ada karena brand Yamaha yang
semakin kuat. Hal tersebut terbukti dengan adanya jumlah indent yang cukup
besar di tahun 2008 akibat dari kekurangan kapasitas dalam memenuhi
permintaan konsumen.
8.
Kebijakan Pemerintah
Pemerintah
Indonesia telah mengeluarkan sebuah kebijakan yang melarang penggunaan mesin
2-tak untuk sepeda motor yang dikeluarkan pada tahun 2004 lalu. Sebelumnya,
Yamaha mulai dikenal sebagai perusahaan spesialisasi motor 2-tak, salah satunya
yang menjadi legenda adalah Yamaha King. Berfokus pada kecepatan kendaraan
menyebabkan Yamaha terus berfokus pada mesin 2-tak.
Namun, adanya larangan tersebut menyababkan Yamaha kemudian merumuskan strategi untuk mengeluarkan varian produk-produk dengan mesin 4-tak tanpa mengurangi esensi dari kecepatan yang menjadi nilai diferensiasi Yamaha.
Namun, adanya larangan tersebut menyababkan Yamaha kemudian merumuskan strategi untuk mengeluarkan varian produk-produk dengan mesin 4-tak tanpa mengurangi esensi dari kecepatan yang menjadi nilai diferensiasi Yamaha.
B. Faktor Internal.
Pada
tahap analisa internal, seorang stakeholder diharuskan mengenali
kelemahan dan kelebihan perusahaan sehingga mampu dimanfaatkan menjadi modal
untuk memajukan perusahaan. Faktor
internal yang menjadi alasan perusahaan melakukan strategi pemasaran, yaitu :
·
Kekuatan
(Strenght)
1.
Market share
tinggi (45,73% dari total market share indonesia)
2.
Jaringan
services yang luas (1.300 dealer YSS di seluruh indonesia)
3.
SDM yang
memiliki standar keahlian
·
Kelemahan
(Weakness)
1. Terganggunya
persediaan karena gangguan distribusi suku cadang dari Jepang setelah tsunami
2. Distribusi
di beberapa daerah Indonesia yang kurang maksimal
3. Banyak
YSS yang belum memenuhi SOP yang telah ditetapkan
1)
Buatlah dengan 1 contoh
usaha atau perusahaan nyata universal tentang tujuan dari perusahaan!
Tujuan
PT. ASKES (Persero)
Turut
melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program Pemerintah di bidang ekonomi
dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya di bidang asuransi sosial
melalui penyelenggaraan asuransi/jaminan kesehatan bagi pegawai negeri sipil,
penerima pensiun, veteran, perintis kemerdekaan beserta keluarganya, dan
masyarakat lainnya, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya Perseroan untuk
menghasilkan jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat, guna meningkatkan
nilai manfaat bagi peserta dan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip
Perseroan Terbatas.
2)
Jelaskan tentang
pendekatan bisnis dengan menggunakan contoh perusahaan yang nyata!
Pendekatan
bisnis PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR, Tbk
STRATEGI MANAJEMEN PADA ELEMEN MARKETING MIX (4P)
1. PRODUCT
Brand name yang digunakan adalah Indomie. Satu bungkus
Indomie standard memiliki massa 85 gram, dan terdapat 2 sachet berisi 5 bumbu-bumbuan yang disertakan, yaitu kecap manis, saus sambal, minyak palm, bubuk perasa dan bawang goreng. Indomie jug tersedia dalam versi jumbo dengan massa 120 gram (Anonim,2008).
Indomie memiliki rasa yang sesuai dengan selera orang Indonesia.
Indomie pun selalu berusaha memenuhi keinginan konsumen yang semakin
banyak, terbukti dengan semakin bertambahnya variasi produk Indomie, mulai dari mie
goreng, mie soup, mie regional (mie dengan variasi rasa sesuai dengan masakan
tradisional daerah-daerah Indonesia), mie premium, serta mie jumbo.
tradisional daerah-daerah Indonesia), mie premium, serta mie jumbo.
2. PRICE
Indomie selain dapat dibeli perbungkus, dapat juga
dibeli dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40 indomie. Harga Indomie juga sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat, di Indonesia, perbungkus indomie dihargai hanya sekitar Rp. 900,- ( Anonim, 2008).
3. PLACES
Group Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi
terluas di Indonesia, menembus sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area
geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin (www.indofood.com).
Di Yogyakarta agen-agen Indofood juga bekerjasama
dalam menyediakan Indomie dengan warung-warung seperti Burjo
(warung yang menyediakan bubur kacang hijau dan mie instan/mie
goreng sebagai menu utama)
4. PROMOTION
·
Tagline :
Indomie Seleraku
·
Iklan :
billboard, iklan TV, sponsor acara
·
Event : Indomie
menggelar ajang membuat lagu ”jingle” untuk pelajar SMA, acara tersebut
berjudul Jingle Dare, yang berlangsung pada 24 April 2008.
·
Pembuatan Shop
Sign (Spanduk Nama Burjo dengan tema
Indomie untuk setiap Burjo di Yogyakarta)
Indomie untuk setiap Burjo di Yogyakarta)
Ditinjau dari aspek product life-cycle, Indomie saat
ini berada pada posisi mature,
sudah stabil, memiliki brand equity yang sangat kuat sehingga dapat bertahan sebagai Top of Mind merek mie instan. Pada tahap ini Indomie tidak boleh lengah, dalam artian Indomie masih tetap harus mengadakan promosi untuk me-remind customer bahwa Indomie masih exsist, dan selalu berinovasi untuk merejuvenasi produk maupun strategi promosinya. Indomie sempat direbut pasarnya oleh Mie Sedaap (muncul tahun 2003) sehingga pangsa pasar Indomie menurun, meskipun masih tetap menguasai sebagian besar pasar. Sejak saat itu, menyadari bahwa Mie Sedaap merupakan pesaing yang cukup kuat, Indomie mulai “bangkit dari tidur panjangnya”, Indomie mulai gencar beriklan lagi. Indomie menggunakan endorser artis terkenal seperti 3 Diva, Gita Gutawa, maupun non artis seperti remaja/pelajar. Indomie semakin mengukuhkan bahwa dia masih menjadi mie instan nomor satu di Indonesia. Indomie juga mengadakan acara ”Indomie Jingle Dare” untuk para pelajar SMA
yang bertujuan untuk lebih memodernisasi Jingle-nya. Hal ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan brand awareness remaja/pelajar mengenai produk Indomie. Indomie melihat
remaja/pelajar sebagai customer masa depan, jadi sejak sekarang Indomie mulai memberikan semacam ”edukasi” mengenai Indomie. Tentang strategi menghadapi persaingan, Indofood akan menerapkan strategi Mastering The Present, Pre-empting the Future. Strategi ini antara lain fokus kepada organic growth, memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span, dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost cutting. Di samping itu tetap melanjutkan segmentasi para konsumennya dengan memperkenalkan produk-produk dengan higher price and higher margin.
sudah stabil, memiliki brand equity yang sangat kuat sehingga dapat bertahan sebagai Top of Mind merek mie instan. Pada tahap ini Indomie tidak boleh lengah, dalam artian Indomie masih tetap harus mengadakan promosi untuk me-remind customer bahwa Indomie masih exsist, dan selalu berinovasi untuk merejuvenasi produk maupun strategi promosinya. Indomie sempat direbut pasarnya oleh Mie Sedaap (muncul tahun 2003) sehingga pangsa pasar Indomie menurun, meskipun masih tetap menguasai sebagian besar pasar. Sejak saat itu, menyadari bahwa Mie Sedaap merupakan pesaing yang cukup kuat, Indomie mulai “bangkit dari tidur panjangnya”, Indomie mulai gencar beriklan lagi. Indomie menggunakan endorser artis terkenal seperti 3 Diva, Gita Gutawa, maupun non artis seperti remaja/pelajar. Indomie semakin mengukuhkan bahwa dia masih menjadi mie instan nomor satu di Indonesia. Indomie juga mengadakan acara ”Indomie Jingle Dare” untuk para pelajar SMA
yang bertujuan untuk lebih memodernisasi Jingle-nya. Hal ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan brand awareness remaja/pelajar mengenai produk Indomie. Indomie melihat
remaja/pelajar sebagai customer masa depan, jadi sejak sekarang Indomie mulai memberikan semacam ”edukasi” mengenai Indomie. Tentang strategi menghadapi persaingan, Indofood akan menerapkan strategi Mastering The Present, Pre-empting the Future. Strategi ini antara lain fokus kepada organic growth, memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span, dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost cutting. Di samping itu tetap melanjutkan segmentasi para konsumennya dengan memperkenalkan produk-produk dengan higher price and higher margin.
3) Jelaskan
dengan menggunakan 1 perusahaan nyata dan universal tentang pengaruh lingkungan
intern dan ekstern!
A. Faktor
Eksternal
1. Dampak
Krisis Moneter yang Lalu
Yamaha
Indonesia sempat berada pada titik kritis pada masa krisis. Bahkan pada yahun
1999 keputusan untuk tutup nyaris dilakukan, karena saat itu Yamaha hanya
sanggup menjual tidak lebih dari 74.000 unit motor. Jika diibaratkan, kondisi
Yamaha Indonesia saat itu berada pada kondisi hidup dan mati.Ada beberapa
strategi yang diterapkan oleh Yamaha untuk menghadapi krisis moneter pada tahun
1997-1998 yang lalu agar tetap dapat eksis dalam persaingan industri kendaraan
motor beroda dua di Indonesia, antara lain:
1)
Menerapkan strategi cash flow management, yaitu dengan cara menggenjot
ekspor Yamaha ke luar negeri untuk mengimbangi program efisiensi di internal.
2)
Tetap menjaga eksistensi Yamaha melalui cara selective strategy dalam
marketing campaign yang dilakukannya dan menjaga kehidupan para dealer Yamaha
dengan cara menaikkan keuntungan dua kali lipat untuk tiap unit produk Yamaha
yang terjual oleh dealer.
2. Masa Pasca Krisis Moneter
Untuk menghadapi
krisis, Yamaha meluncurkan strategi dengan cara melakukan konsolidasi internal
dan secara perlahan membangun pasar. Ketika krisis sudah bisa dilewati oleh
Yamaha, maka pada tahun 2002, Yamaha melakukan reformasi. Mulai dari posisi no
action menjadi action kembali. Hal tersebut didukung oleh Yamaha Jepang yang
siap memberikan komitmennya kembali. Ada empat strategi yang diterapkan oleh
Yamaha Indonesia ketika itu, antara lain:
1) Pengembangan Produk
2) Komunikasi
3) Customer Management
4) Brand Management
1) Pengembangan Produk
2) Komunikasi
3) Customer Management
4) Brand Management
3. Pengaruh Krisis Global
Krisis
ekonomi global menjadi faktor yang melemahkan penjualan sepeda motor di
Indonesia. Hal ini diakibatkan oleh komponen sepeda motor yang masih diimpor
telah membuat harga motor terdongkrak 5%-10%. Pada saat yang sama, lembaga
kredit tidak lagi mengucurkan pinjaman bagi konsumen, padahal daya beli
konsumen juga turut menurun. Pada kondisi ini, salah satu strategi yang
dilakukan oleh Yamaha adalah dengan melakukan pendekatan kepada pihak leasing
untuk tetap mengucurkan kredit dengan alasan bahwa kredit yang dilakukan oleh
konsumen dalam melakukan transaksi adalah kredit riil, bukan kredit semu
seperti sub-prime mortgage yang bermasalah di Amerika Serikat.
4.
Pasar Bebas ASEAN dan
Globalisasi
Gempuran
produk-produk dalam dan luar negeri di masa mendatang tentunya akan semakin
banyak, mempertimbangkan bahwa pasar kendaraan motor beroda dua di Indonesia
sangat potensial karena Indonesia merupakan salah satu negera dengan jumlah
populasi penduduk terbanyak di dunia. Hal ini sudah terbukti dari banyaknya
produk motor beroda dua buatan Cina yang masuk ke dalam pasar Indonesia. Belum
lama ini, produk motor beroda dua asal Jerman juka ikut ambil bagian dalam
industri ini. Tidak mau ketinggalan, produk dalam negeri mulai mengincar pasar ini
dengan target segmen konsumen yang berbeda, yaitu motor listrik yang tidak
memerlukan bahan bakar minyak. Tentunya semakin ramai suatu industri akan
membuat gairah industri tersebut semakin menggeliat.
5.
Keterbatasan Bahan Bakar
Minyak Dunia dan Indonesia
Adanya
ancaman yang akan timbul karena keterbatasan bahan bakar minyak bersamaan
dengan ditetapkannya kebijakan pemerintah pada tahun 2004 yang lalu, tentang
pelarangan penggunaan mesin 2-tak, maka Yamaha mulai beralih dan berfokus pada
mesin 4-tak dan mesin matik. Strategi ini didukung dengan strategi komunikasi
pada berbagai media pemasaran dengan tujuan menyadarkan masyarakat bahwa
konsumsi bahan bakar minyak pada produk Yamaha hanya satu sendok lebih banyak
dari sepeda motor kompetitor. Takaran yang hanya “satu sendok lebih banyak”
tersebut dibayarkan dengan tingkat teknologi yang menyebabkan sepeda motor
Yamaha memiliki kecepatan yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan pada
pesaingnya.
6. Keadaan dan Perubahan Teknologi
Tuntutan
persaingan menyebabkan setiap pemain dalam industri kendaraan motor beroda dua
untuk mengembangkan teknologi baru untuk memberikan suatu keunggulan kompetitif
bagi perusahaan. Teknologi yang berubah menjadi sebuah kunci bagi perusahaan
untuk mendeferensiasikan produknya dibandingkan dengan para pesaing lainnya
bagi konsumen.
7.
Pertumbuhan Ekonomi
yang Akan Datang
Ancaman krisis
global yang melanda dunia dan bangsa Indonesia saat ini tentunya akan
mempengaruhi harga barang, tingkat pendapatan, serta kondisi perekonomian
mendatang. Hal tersebut memaksa Yamaha untuk mampu melakukan perencanaan
strategis, mencari terobosan dan melakukan inovasi secara terus menerus dalam
merumuskan berbagai usaha dan strategi untuk menciptakan ketertarikan konsumen
terhadap produk yang ditawarkan dalam pasar. Pada kondisi seperti ini,
Yamaha melakukan perluasan pabrik di Karawang, Jawa Barat. Hal ini dilakukan
karena adanya optimisme Yamaha bahwa selalu ada peluang dibalik terjadinya
krisis. Hal tersebut mengacu pada analisa bahwa pemakai kendaraan roda dua akan
terus meningkat karena semakin macetnya jalanan di kota-kota besar, semakin
maraknya isu global warming, serta terus meningkatnya populasi penduduk di
Indonesia yang berarti bahwa jumlah konsumen potensial semakin bertambah.
Yamaha ingin melakukan maintenance kuantitas yang ada karena brand Yamaha yang
semakin kuat. Hal tersebut terbukti dengan adanya jumlah indent yang cukup
besar di tahun 2008 akibat dari kekurangan kapasitas dalam memenuhi
permintaan konsumen.
8.
Kebijakan Pemerintah
Pemerintah
Indonesia telah mengeluarkan sebuah kebijakan yang melarang penggunaan mesin
2-tak untuk sepeda motor yang dikeluarkan pada tahun 2004 lalu. Sebelumnya,
Yamaha mulai dikenal sebagai perusahaan spesialisasi motor 2-tak, salah satunya
yang menjadi legenda adalah Yamaha King. Berfokus pada kecepatan kendaraan
menyebabkan Yamaha terus berfokus pada mesin 2-tak.
Namun, adanya larangan tersebut menyababkan Yamaha kemudian merumuskan strategi untuk mengeluarkan varian produk-produk dengan mesin 4-tak tanpa mengurangi esensi dari kecepatan yang menjadi nilai diferensiasi Yamaha.
Namun, adanya larangan tersebut menyababkan Yamaha kemudian merumuskan strategi untuk mengeluarkan varian produk-produk dengan mesin 4-tak tanpa mengurangi esensi dari kecepatan yang menjadi nilai diferensiasi Yamaha.
B. Faktor Internal.
Pada
tahap analisa internal, seorang stakeholder diharuskan mengenali
kelemahan dan kelebihan perusahaan sehingga mampu dimanfaatkan menjadi modal
untuk memajukan perusahaan. Faktor
internal yang menjadi alasan perusahaan melakukan strategi pemasaran, yaitu :
·
Kekuatan
(Strenght)
1.
Market share
tinggi (45,73% dari total market share indonesia)
2.
Jaringan
services yang luas (1.300 dealer YSS di seluruh indonesia)
3.
SDM yang
memiliki standar keahlian
·
Kelemahan
(Weakness)
1. Terganggunya
persediaan karena gangguan distribusi suku cadang dari Jepang setelah tsunami
2. Distribusi
di beberapa daerah Indonesia yang kurang maksimal
3. Banyak
YSS yang belum memenuhi SOP yang telah ditetapkan
hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti
BalasHapus- www.gunadarma.ac.id
- www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill
Selain itu, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas
Gunadarma. Edisi
Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10
pemenang
untuk setiap kategori. link
http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755
oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak
, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana
cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5
makasi :)
@deliverdee